Penyebab Terjadinya Benjolan Payudara pada Wanita

Benjolan payudara merupakan jenis penyakit yang tidaklah biasa. Siapa pun bisa mengalami penyakit ini. Hanya saja benjolan pada payudara lebih banyak dialami oleh wanita. Berikut ini penyebab terjadinya benjolan yang dialami oleh para wanita pada umumnya.

  1. Kista

Benjolan dapat disebabkan karena mengalami kista di salah satu bagian payudara atau bisa juga di kedua payudara. Kista pada bagian ini akan berbentuk bulat dan terkadang ada juga yang lonjong. Teksturnya terasa lunak dan kadang-kadang terasa padat. Penyebab ini terjadi karena adanya penumpukan cairan pada bagian kelenjar payudara.

  1. Fibrosa Abnormal

Benjolan payudara ini dapat juga terjadi pada Anda yang penyebabnya karena terjadinya pertumbuhan jaringan fibrosa dalam kondisi abnormal. Kondisi ini membuat jaringan fibrosa lebih menonjol dibandingkan jaringan lemak.

Jaringan ini yang memiliki fungsi menjadi penghubungkan antar tulang. Biasanya penyebab ini terjadi pada wanita yang usianya berada di antara 30 sampai 50 tahun. Timbulnya masalah ini diduga karena terjadinya perubahan hormon estrogen dalam siklus menstruasi.

  1. Radang Jaringan Payudara

Penyebab berikutnya dari benjolan yang terjadi karena radang jaringan pada payudara. Penyebab ini sering disebut dengan istilah mastitis. Penyebab ini sangat fatal risikonya jika tidak segera ditangani. Tidak hanya pada wanita radang jaringan payudara ini juga dapat terjadi pada pria.

Radang ini terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke bagian lapisan kulit lalu menginfeksi jaringan payudara Anda. Selain itu juga dapat terjadi karena adanya penyumbatan di duktus yang merupakan saluran pembawa ASI dari kelenjar payudara ke puting. Penyumbatan yang terjadi akan mengendap di payudara sampai akhirnya memicu peradangan yang berakhir infeksi.

  1. Lipoma

 

Penyebab benjolan pada payudara juga dapat terjadi ketika Anda mengalami lipoma. Lipoma merupakan bagian dari tumor jinak dan tidak berbahaya. Hanya saja saat Anda mengalaminya dan tidak ditangani dengan optimal maka ukurannya akan semakin membesar dan mengganggu aktivitas. Masalah lipoma ini terjadi pada umumnya di usia antara 40-60 tahun.

  1. Kerusakan Kelenjar Lemak

Terjadinya kerusakan pada bagian kelenjar lemak di payudara menjadi penyebab timbulnya benjolan di bagian payudara. Masalah kerusakan kelenjar ini risikonya lebih besar bagi Anda yang telah menjalani proses operasi atau pun terapi radiasi.

  1. Gumpalan Darah

Penyebab berikutnya yang dapat membuat timbulnya benjolan adalah gumpalan darah. Pembekuan darah ini terjadi pada bagian bawah kulit yang kemudian mengganggu salah satu pembuluh darah di payudara. Kondisi ini lah yang akan mempengaruhi benjolan yang ada di luar atau di bagian bawah puting.

Anda bisa memahami secara perlahan penyebab terjadinya benjolan payudara. Setelah mengetahuinya tentu akan membuat Anda lebih waspada lagi. Hindari semua jenis makanan yang dapat memicu berkembangnya  benjolan pada bagian payudara Anda. Ketika mulai terasa ada yang berbeda segera lakukan pemeriksaan.