Tata Cara Umroh Yang Harus Diketahui

Salah satu kegiatan ibadah bagi seluruh umat Islam yang ada didunia ini adalah umroh. Umroh ini sering dijadikan alternatif pada saat sedang menunggu antrean Ibadah Haji yang lama karena diberlakukannya sistem kuota. Yang membedakan antara umroh dan Ibadah Haji adalah terletak pada waktu dan tempat untuk melaksanakannya. Ibadah Haji akan dapat dilakukan pada tanggal 1 Syawal hingga 13 Zulhijah saja, sedangkan Ibadah Umroh bisa dilakukan kapan saja terkecuali pada hari hari tertentu seperti hari Arafah yang jatuh pada tanggal 10 Zulhijah dan juga pada hari hari Tasyrik yang jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijah. Proses Ibadah Haji pada intinya adalah melaksanakan Wukuf pada tanggal 9 Zulhijah di Padang Arafah selepas tergilincirnya matahari hingga Magrib. Sedangkan tata cara Ibadah Umroh pada intinya hanya melakukan thawaf dan sai saja. Tetapi yang menjadi persamaan dari kedua Ibadah tersebut adalah didahului dengan menggunakan kain ihram di Miqat atau tempat yang telah ditentukan lalu diakhiri dengan melakukan tahallul atau bercukur.

Jika dalam waktu dekat ini kamu ada rencana akan melakukan Ibadah Umroh maka wajib mengetahui terlebih dahulu tata cara umroh dan bacaannya sesuai dengan sunnah. Hal ini tentunya karena Ibadah Umroh merupakan ibadah kepada Allah sehingga harus dilakukan dengan benar. Berikut tata cara umroh yang harus diketahui diantaranya yaitu :

  1. Dari Bandara Menuju Miqat Masjid Dzulhulaifah Atau Yang Lebih Dikenal Dengan Abyar Ali
  • Miqat ini terletak di Madinah, para jamaah ditempat tersebut akan melakukan persiapan sebelum ihram, berwudhu, dan juga mengerjarkan solat sunnah ihram sebanyak 2 rakaat.
  • Setelah itu para jamahaan berniat untuk mengerjakan ibadah umroh dengan membaca bacaan niat untuk umroh. Bacaannya yaitu : “Labbaikallahumma ‘umratan” yang berarti “Aku sambut panggilanMu ya Allah untuk menjalankan umroh.
  1. Setelah Menggunakan Pakaian Ihram, Para Jamaah Umroh Akan Dilarang Keras Untuk Melakukan Hal Hal Yang Sudah Ditentukan Didalam Syariat
  • Bagi pria dilarang untuk :
    1. Menggunakan pakaian biasa.
    2. Menggunakan alas kaki yang menutupi mata kaki.
    3. Menutup kepala dengan peci, topi, dan sebagainya.
  • Bagi wanita dilarang untuk :
    1. Menggunakan kaos tangan.
    2. Menutup muka
  • Dan larangan bagi pria dan wanita :
    1. Menggunakan wangi wangian.
    2. Memotong kuku, mencukur, dan mencabut rambut ataupun bulu.
    3. Memburu atau mematikan binatang apapun.
    4. Menikah, menikahkan, atau meminang wanita untuk dinikahi.
    5. Bermesraan apalagi berhubungan intim.
    6. Mencaci, bertengkar, ataupun mengeluarkan kata kata kotor.
    7. Dan memotong tanaman disekitar Mekah.
  1. Menuju Masjidil Haram Di Mekah

Selama melakukan perjalanan, perbanyaklah membaca kalimat talbiyah yang selalu diucapkan Rasulullah SAW pada saat umroh dan haji.

  1. Melakukan Tawaf

Para jamaah akan melakukan tawaf mulai dari garis lurus antara pintu Kabah dan tanda lampu hijau yang berada dilantai atas Masjidil Haram.

Setelah itu solat 2 rakaat didepan Maqom Ibrahim, beristirahat sejenak dan minum air zam zam, melakukan sai antara Safa dan Marwah 7 kali secara bolak balik, dan diakhir dengan melakukan tahallul atau bercukur bagi laki laki hingga gundul. Setelah mengetahui tata cara ibadah umroh maka saatnya untuk melakukan proses persiapan umroh, salah satu yang harus dipersiapkan adalah membeli paket umroh murah hanya di Blibli.